Loading...

:
:
Berita
Share
Kegiatan Desa
Pelaksanaan Bulan Bahasa Bali 2023 ( 25 & 26 Pebruari 2023 )

Bulan Bahasa Bali merupakan Kegiatan rutin setiap tahun yang merupakan sebuah instruksi dari dari gubernur Bali yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta melestarikan warisan nenek moyang baik berupa tata bahasa Bali maupun berupa kegiatan budaya seperti mekidung, nyurat lontar, maupun membaca aksara Bali dan lain-lain disemua kalangan agar tidak termakan oleh zaman.

pada tahun ini, yaitu tepatnya pada tanggal 25 dan 26 pebruari 2023, Pelaksanaan bulan bahasa dalkukan di Desa Pejaten yang dimana kegiatan bulan bahasa ini merupakan kolaborasi dari 3 instansi yaitu Desa Dinas Pejaten, Desa Adat Pejaten dan Desa Adat Nyitdah.

adapun beberapa lomba yang dilaksanakan pada tahun ini yaitu seperti lomba mekidung, nyurat aksara bali, tutur rare, membaca aksara bali serta MC bahasa Bali. Pembukaan Bulan Bahasa Bali dilaksanakan di wantilan Pura Puseh Desa Adat Nyitdah dan Kemudian pada esok harinya berupa penutupan penggelaran bulan bahasa.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap peserta Lomba, maka diberikantah sebuah santukan berupa uang pembinaan kepada seluruh peserta.

kemudian acara Bulan Bahasa Bali Tahun 2023 ditutup oleh Bendesa Adat Desa Adat Pejaten.