Loading...

:
:
Berita
Share
Kegiatan Desa
PEMBUKAAN KEGIATAN BULAN BAHASA BALI DESA DINAS PEJATEN DAN NYITDAH BESERTA DESA ADAT PEJATEN DAN DESA ADAT NYITDAH TAHUN ANGGARAN 2022 ( 16/02/2022 )

Rabu. 16 Februari 2022.

              Bulan bahasa bali merupakan bulan dimana masyarakat hindu bali melaksana kegiatan-kegiatan dalam rangka melestraikan budaya bali seperti nyurat aksara bali, ngewacen basa bali, mesatua dan lain-lain. Bulan bahasa ini diadakan setiap tahun yang jatuh pada setiap bulan februari.

              Dalam kesempatan kali ini, dua desa berkolaborasi dalam pelaksanaan bulan bahasa ini yaitu Desa Pejaten dan Desa Nyitdah yang diselenggarakan di Desa Pejaten yaitu tepatnya di Wantilan Pura Dalem desa Pejaten dan SD No 1 Pejaten. Kegiatan bulan bahasa dibuka dengan doa bersama yang kemudian dilanjutkan oleh sambukan Bendesa Adat Nyitdah beserta Wakil Bendesa Adat Nyitdah. Ada tiga Jenis lomba yang diadakan adalah lomba mesatua basa bali yang dibawakan oleh ibuk-ibuk PKK  setiap Banjar Dinas yang diselenggarakan di Wantilan Pura Dalem Desa Pejaten. dan lomba menulis aksara bali di selenggarakan di SD No 1 Pejaten yang diwakili oleh murid SD tiap-tiap banjar serta ngewacen aksara bali yang diikuti oleh muda-mudi tiap banjar.

Kegiatan Bulan Bahasa Bali Kolaborari Desa Pejaten-Nyitdah diadakan dua hari yaitu selasa, 16 februari 2022 dan rabu, 17 februari 2022. kegiatan yang dilaksanakan pada hari rabu esok yaitu megeguritan serta pemberian hadiah berupa piala dan uang santunan untuk para pemenang disetiap kategori lomba.

Kegiatan bulan bahasa tahun 2022 rencananya akan ditutup besok pada rabu 17 februari yang akan ditutup oleh Bendesa dan Wakil Bendesa Adat Pejaten